Vespa Tahun 1970-an
Halo sedulur kali ini saya berbagi pengetahuan tentang skuter vespa tahun 1970-an
Simak sedulurrrrrr
Piaggo adalah perusahaan publik yang menjadi produsen sepeda motor asal Italia. Pada tahun 1946 Piaggio meluncurkan skuter Vespa dan dalam sepuluh tahun lebih dari 1 juta unit telah diproduksi. Dengan arus kas yang kuat dari keberhasilan Vespa, Piaggio mengembangkan produk lainnya, termasuk 1957 Vespa 400, mobil penumpang kecil. Pada tahun 1959, Piaggo menjadi anak perusahaan Fiat SpA yang dikendalikan oleh keluarga Agnelli. Pada tahun 1964 2 divisi, aeronautika dan sepeda motor, dipisah menjadi dua perusahaan independen sebagai akibat dari terlalu lebarnya kepemilikan Fiat dalam industri Italia. Pada tahun 1969, perusahaan sepeda motor ini membeli Gilera.
Berikut macam-macam vespa tahun 1970-an :
VESPA 180 RALLY
1968
Setelah sukses dengan Vespa Super Sport 180, Piaggio kembali mengembangkan model 180cc dengan spesifikasi yang lebih tinggi, mesin dan sasis yang baru, serta perubahan kosmetik pada setang dan sadel. Vespa Rally 180 masih tetap menjadi salah satu model yang paling sukses yang diproduksi diantara tahun 1968-1973 dengan total lebih dari 26.000 unit.
VESPA 50 WITH PEDALS
1970
Untuk dapat dipasarkan di Prancis, Vespa 50 mengalami transformasi guna mengikuti regulasi kota Prancis. Pemasangan pedal harus dilakukan oleh Piaggio karena menurut aturan kota Prancis semua kendaraan roda dua harus memiliki pedal. Fitur pedal tersebut tentunya menarik rasa ingin tahu publik, dan akhirnya membuat model ini unik untuk menjadi barang koleksi.
VESPA 50 SPECIAL
1973
Dipasarkan sejak tahun 1969, Vespa 50 Special memang disajikan untuk kaum muda dengan perubahan kosmetik pada setang, lampu depan, dan lampu belakang. Di tahun 1969, Vespa 50 Elestart juga diluncurkan, dengan desain yang sama dengan Vespa 50 Special, namun memiliki inovasi teknis tersendiri, yakni starter elektrik. Dari tahun 1969-1973, Piaggio meluncurkan kampanye yang paling populer: "Who 'Vespas' eats apples", yang mengacu kepada kesuksesan Vespa 50 Spesial.
VESPA 125 ET3
1976
Diproduksi khusus untuk pasar ekspor, Vespa ET3 125 memiliki fitur yang sama dengan Italian ET3, termasuk juga kursi, penutup kipas dan varian warnanya. Model ini sangat populer di Jepang, bahkan masih dijual sampai pertengahan tahun 90an.
VESPA PRIMAVERA ET3
1976
Vespa ET3 Primavera merupakan kesuksesan tersendiri dengan produksinya yang mencapai 144.000 unit. Body-nya yang kecil, mirip dengan Vespa 50cc, membuat model ini dapat bermanuver dengan lincah dan dikendarai dengan nyaman. Vespa ET3 Primavera dikembangkan pada tahun 70an untuk menggaet pasar anak muda, yakni dengan memberikan detail unik seperti sadel dari bahan denim/jeans.
VESPA RALLY 200
1976
Setelah sukses besar dengan Vespa 180, Piaggio untuk pertama kalinya mengembangkan model baru dengan mesin 200cc di tahun 1972. Respon terhadap produk baru ini sangat mengagumkan, bahkan banyak orang yang menunggu berbulan-bulan untuk mendapatkan Vespa tersebut. Dari segi estetika, Vespa Rally 200 sangat mudah dikenali dari garis putih pada sasisnya. Dan pada saat itu, Vespa Rally 200 memiliki mesin paling bertenaga dengan starter elektrik. Lebih 41.700 unit Vespa Rally 200 diproduksi dari tahun 1972-1979.
GIANT VESPA
1977
Giant Vespa merupakan perwakilan dari PX Vespa dan dibangun untuk menunjukan "New Line" di Paris pada tahun 1977, namun beberapa tahun kemudian diubah kembali untuk peluncuran Vespa T5. Vespa raksasa tersebut didekorasi oleh seniman bernama Stefano Tonelli dengan teknik urban graffiti; foto-fotonya kini dipajang di museum Piaggio bersama dengan Giant Vespa yang kini telah dikembalikan ke warna merah aslinya.
VESPA 100 SPORT
1978
Berasal dari Vespa 90, model Vespa 100 Sport dibuat untuk kebutuhan skuter pasar Amerika Serikat. Lampu belakang, secara khusus dibuat lebih besar. Kapasistasnya juga yang lebih besar, dari 90cc menjadi 100cc yang dibuat dengan membesarkan lubang silinder.
VESPA P125X
1978
Dipamerkan pertama kali di Milan Show pada tahun 1977 sebagai Vespa PX 125 terbaru, model ini langsung menjadi daya tarik sendiri bagi kaum remaja. Dengan garis kotak-kotak dan sasis yang lebih besar, model PX ini menjadi mudah dikenali. Terdapat pula speedometer pada setang yang didesain ulang. Model ini juga termasuk model yang inovatif dengan suspensi depannya yang telah diperbaharui, dan dengan kemampuan redam kejut teleskopik.
Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima Kasih
#vespa #piaggio #skutervespa #satuvespasejutasaudara #vespasuper #vespasprint #vespapx #vespa150
#vespa125 #vespaprimavera
#vesparally #vespasupersprint #vespasport
#vesparally200
#vespapxsport
Tidak ada komentar:
Posting Komentar