Vespa Tahun 1960-an

 Vespa Tahun 1960-an


Halo sedulur kali ini saya berbagi pengetahuan tentang skuter vespa tahun 1960-an
Simak sedulurrrrrr


Piaggo adalah perusahaan publik yang menjadi produsen sepeda motor asal Italia. Pada tahun 1946 Piaggio meluncurkan skuter Vespa dan dalam sepuluh tahun lebih dari 1 juta unit telah diproduksi. Dengan arus kas yang kuat dari keberhasilan Vespa, Piaggio mengembangkan produk lainnya, termasuk 1957 Vespa 400, mobil penumpang kecil. Pada tahun 1959, Piaggo menjadi anak perusahaan Fiat SpA yang dikendalikan oleh keluarga Agnelli. Pada tahun 1964 2 divisi, aeronautika dan sepeda motor, dipisah menjadi dua perusahaan independen sebagai akibat dari terlalu lebarnya kepemilikan Fiat dalam industri Italia. Pada tahun 1969, perusahaan sepeda motor ini membeli Gilera.


Berikut Macam-macam vespa tahun 1960-an :

VESPA 150 (VBA)

1961

  Vespa 150 (VBA) diluncurkan pada tahun 1958 dengan beberapa perubahan. Warnanya masih mirip dengan pendahulunya (biru metalik), namun panel sampingnya kini dilengkapi dengan beberapa ventilasi udara yang terbuat dari aluminium, serta lampu belakang yang lebih besar dan full chrome. Vespa 150 (VBA) merupakan sukses besar karena bentuknya yang elegan, fungsionalitasnya, serta debutnya di saat Olimpiade Roma pada tahun 1960.




VESPA DALÌ

1962

 Pada musim panas tahun 1962, Vespa Dali yang kini mungkin merupakan Vespa paling berharga di dunia, saat itu digunakan oleh dua anak sekolah: Santiago Guillen dan Antonio Veciana. Mereka kemudian bertemu dengan sang ahli surealis, Salvador Dali. Dali, saat itu sedang menulis sebuah sejarah kontemporer, namun ia merasa tidak ingin memungkiri reputasinya dan anehnya ia malah memutuskan untuk menghias body Vespa dan dilengkapi dengan tanda tangannya dan nama istrinya. Pada musim panas 1999 di Girona (Spanyol), dalam acara "Eurovespa", Vespa tersebut kemudian dipamerkan di "The Art of Motorcycle" lalu disumbangkan ke Museum Piaggio oleh Giovanni Alberto Agnelli.




VESPA 50

1963


Vespa semakin populer di kalangan pengendara muda karena mudah digunakan dan penampilannya yang enak dilihat. Untuk menarik lebih banyak pembeli, Piaggio memperkenalkan Vespa 50, yang dipromosikan dengan slogan "Muda, Modern dan ... tanpa dokumen”. Vespa 50 merupakan kendaraan bermotor yang menurut aturan dari Kode Jalan Raya tahun 1963, dapat digunakan oleh pengendara berusia 14 tahun ke atas, tanpa plat nomor dan STNK/License. Vespa 50 adalah scooter terakhir yang dirancang oleh Corradino D'Ascanio dan 50cc adalah tonggak dalam sejarah Vespa: dari tahun 1964 sampai sekarang, telah lebih dari 3 juta model 50cc telah diproduksi.


VESPA 90 SUPER SPRINT

1966


  Vespa Super Sprint 90 tidak perlu diragukan lagi yakni merupakan model original yang dirancang oleh Vespa. Ukuran tamengnya diperkecil, dan kotak penyimpanan barangnya kini ditempatkan di antara kursi dan setang. Seperti Vespa GS 1955, ban serep diletakan di tengah-tengah pijakan kaki. Vespa 90 SS, seperti Vespa 50, merupakan model yang paling dicari dan sungguh-sungguh menjadi barang koleksi.


VESPA ALPHA

1967


    
Kendaraan ini digunakan dalam film "Dick Smart, Agen 2007" yang diperankan oleh Richard Wyler, Margaret Lee, dan Rosanna Tapados. Ini merupakan Vespa 180 Super Sport yang dimodifikasi oleh Piaggio dan English Alpha Willis. Dalam film ini, Vespa Alpha mampu melaju di jalan raya, terbang seperti helikopter, serta menjadi kapal selam.   


VESPA 125 PRIMAVERA

1967

  
Berasal dari 125 VMA1, Vespa 125 "Primavera" merupakan sukses besar sejak dirilis. Kinerja baik, mudah dan lincah digunakan, serta mesin yang bertenaga adalah atribut yang membuat Vespa Primavera sukses di pasaran seperti di tahun 60an. Primavera memang ditujukan bagi anak muda, dengan slogan "Dengan Vespa Anda Bisa" ketika diluncurkan. Primavera diperuntukan bagi remaja usia 16 tahun yang mencintai olahraga dan aktivitas outdoor, dan bagi mereka yang tidak ingin ketinggalan bersosialisasi karena macetnya lalu lintas. Fitur utama dari scooter ini adalah sasis yang lebih panjang, yang membuatnya lebih nyaman untuk membonceng penumpang.


VESPA 180 RALLY

1968


Setelah sukses dengan Vespa Super Sport 180, Piaggio kembali mengembangkan model 180cc dengan spesifikasi yang lebih tinggi, mesin dan sasis yang baru, serta perubahan kosmetik pada setang dan sadel. Vespa Rally 180 masih tetap menjadi salah satu model yang paling sukses yang diproduksi diantara tahun 1968-1973 dengan total lebih dari 26.000 unit .



Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima Kasih

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar